Tuesday, June 11, 2013

my experience working at Japanese Company

Udah almost 12 tahun gw kerja di perusahaan Jepang yang satu ini. Gw ga tauk kenapa bisa lama banget ya! dan kayaknya gw pun dikutuk ga bisa kemana2 *hiks..*

Gw mo cerita tentang pengalaman gw kerja di perusahaan penjajah di Indonesia ini. No wonder kalau mereka menjajah hanya sebentar, tapi imbas-nya lebih menderita daripada dijajah sama Belanda bertahun2. Selama kerja di perusahaan ini, gw emang mendapatkan ilmu yang banyaak, dan kerjaan yang sangat bervariasi, namun dengan gaji yang kecil (kalau dibandingin sama perusahaan asing lainnya). Kerjaan kita di sini, udah macem pembantu serba bisa, dari yang namanya bungkusin kalender untuk akhir tahun, moto copy, ngejilid ber-buku2 *bisa langsung buka toko fotokopian*, filing, auditing, update business, customs, akunting sampe finance. Ga heran kalo kita tuh di-kasi training segala macem, dari business, customs, finance, compliance, security trade, accounting, bla bla bla.. Trus tittle lo apa sih? "Business Administration/ secretary". Ada hal2 yang bisa gw tarik dari perusahaan ini :

Case A :
gw punya customer, ini customer parik yang paling besar di Indonesia, perusahaan Asing Belgian, pastinya gajinya lebih gede berkali2 dari kantor gw, order-annya juga banyak. Mereka membagi2 kerjaan mereka ke 5 orang untuk bisnis flow, dan dihadapi oleh seorang gue. Tapi ya kerjaannya ga bener *dong dong*, beda banget sama kalo customer gw perusahaan Jepang juga. Ga benernya gini nih, misalnya :
Perusahaan ini meng-cancel order-annya, dan disampaikan oleh regional marketing manager-nya yang orang Mesir, ganteng, cakep *oi.. fokus oi..*. Dan imelnya di-cc ke-semua staff-nya. Terus, anak buahnya si bapak A tiba2 e-mail gw,"Mbak, barang yang ini kok belum dikirim?". Terus gw jawab,"Pak, kan si bos ganteng udah cancel ordernya, pls refer e-mail yang ini *gw quote dong e-mailnya*". Bapak A bilang,"Oh gitu". Oke, selese dong masalahnya. Terus si bapak B tiba2 e-mail,"Mbak, dokumen untuk shipment April mana?". Jiaaah.. sama aja nih orang, gw reply dong e-mailnya, gw bilang kalo barang itu di-cancel sama bos ganteng. Oke, udah selese dong ceritanya. Terus si ibu C e-mail, "Mbak, untuk dokumen pengiriman kapal yang ini, salah tuh. Minta di-revisi begini begitu". Terus gw bilang,"Mbak, kan di-kontrak bilangnya begitu, kok sekarang tiba2 minta ganti." Dalam hati gw, emang elo kagak baca kontraknya apa?. Terus dia jawab,"yang cek kontrak si bapak B". Laah..terussss, emang situ kagak ada koordinasi ape yee *garuk2 kepala*. Yowes, gw ganti dong ya dokumennya,sesuai permintaan si ibu C, terus di-imel-in dulu. Si bapak B reply,"Mbak, dokumennya ganti ya. Bukan begitu". Jiaaah... kok ga sinkron ye. Gw tanya lagi, jadinya gimana nih?.Terus dijawab,"Iya, harusnya yang ini (dia revisi lagi)". Sabar..sabar...! Gw ganti lagi dunk ye itu isi dokumen, gw reply ke dia. Dia bilang "OKE". Fiuuh... udah selese dong ceritanya. Eh, tiba2, dia imel lagi,"Mbak, lebih baik lagi kalo isi dokumennya, begini. Description goods-nya minta diganti lagi.". Jiaaah... gw tonjok lo!. Oke deh, akhirnya gw reply, gw betulin lagi itu isi dokumennya. si ibu C jawab,"Oke, tolong kirim dokumen secepetnya". Ajegile, ini orang2 ya.. udah bikin masalah, ga ada rasa bersalah, terus minta cepet2 pula, deziggh! gw hajar lo satu2 *grrrhhh...*. Belum lagi masalah2 lainnya. Gw udah kirim copy shipping documents ke semua-nya, eh tiba2 si bapak B minta dikirimin shipping documents. Jiaaah.. kagak baca imel apa yak??!. Terus nanti si bapak B, dapet imel dari KSO (Surveyor), padahal berkaitan dengan aplikasi dia, eh minta penjelasannya dari gw. Jiaaah... kacau! Judulnya : Me against the world. Ga seimbang sebenernya, keroyokan lawan 1 orang :D

Case B :
Perusahaan gw ini, pinter banget negosiasi. Hukum dasarnya, mencapai keuntungan sebesar2nya dengan kerugian seminim mungkin. Ya elo bisa liat deh dengan angka gaji gw yang signifikan kecilnya *hela nafas sedih*. Ini bukannya tanpa bukti, gw ngelamar kerjaan di sebuah perusahaan nasional, untuk apply jadi secretary. Dan kerjaannya ga se-ribet di sini, tapi gajinya 2x lipet. Tapi hikss... ga dapet, soalnya kata HRD-nya,"Maaf mbak, saya dan bos saya sudah suka banget, dan sudah ajuin ke user akhirnya, tapi kata dia, mbak over qualified untuk jadi secretary" Glegg.. padahal gw ga masalah kok. Soalnya si bapak HRD udah pernah ngomong sama gw, dia bilang,"Mbak, gak apa2 cuma jadi secretary dan gaji XXX (2x gaji gw)". Gw jawab,"Gak apa2". Ah belum rezeki kali ya :( *maaf curcol*. Lanjut ke perusahaan gw, yang pinter banget negosiasi. Kalo liat kontrak yang dibuat sama perusahaan gw, banyaaakk term and condition di belakang contract. Kalo customer-nya ga teliti, males baca *kebanyakan sih pada males*, mereka pasti kena jebakan batman ini. Alhamdulillah, most of customers gw kena jebakan *hihihihii.. kasiaaan deh lo!*. Terus nih, pernah gw bareng temen gw (Person In Charge projek baru, tapi ini bapak udah kerja di perusahaan bertahun2 almost 25 years). Gw diajak dong ketemu customer, untuk ngomongin masalah bisnis, bapak itu dan gw sebagai pemanis (sumpah gw kagak ngerti ini bisnis apaan, jadi gw diem aja.). Sampai di tempat customer, meeting berjejer deh tuh dari bos, marketingnya ada 3, produksi, keuangan,total 7 orang. Negosiasi berjalan alot, si customer minta A,B,C. Terus si bapak kekeuh, we can not. Dia bawa file segede2 bagong, kasi liat bukti imel dan lain2nya. Si customer sahut-menyahut menjadi satu, bergotong royong membantai si bapak. Tapi si bapak tidak ada rasa takut or jiper. Meeting berlangsung setengah hari dari pagi sampe siang, *gw udah keroncongan*. Dan hasilnya..... Customer nurut dong sama kita *horeeeeyyy!!!* keren ga tuh! :D.

Case C :
Ga ada peluang untuk korupsi sedikit pun, semua celah dia tutup. Elo bayangin aja, dalam setahun yang namanya audit itu bisa lebih dari 5x. Sumpah gw ga becanda. Audit dari luar, 2x setahun. Itu orang Auditor udah kayak punya kantor di sini. Di perusahaan lain, audit 1x juga udah cukup, ini mah 2x. Terus yee, belum lagi internal audit, ujug2 audit dari Asia Pacific Regional Offices, terus ga lama kemudian audit dari Jepang. Terus audit Security Trade Control-nya. Terus audit stok barang, PII, penghitungan barang di gudang. Terus aje deh yee.. sampe capek gw ngadepinnya. Segala dokumen yang dari tahun jebot juga dimintain, elo kata dokumennya cuma itu2 doang. Elu kata customernya cuma itu2 doang. Grrrhhh!!!. Belum lagi ya, kalo bikin report yang berhubungan dengan profit, uang. Jiaaah.. yang ngecek berlapis2. Minta konfirmasi dari General Manager divisi dulu, terus ajuin ke accounting, dicek sama PIC, terus dicek sama bos-nya, terus dicek lagi sama General Manager accounting. jiaah... banyak amat :D.Dan mereka sangat tegas, ada orang di kantor yang agak2 korupsi untuk biaya bensin (paling juga korupsinya 100rb doang total2) eh langsung dong, diPHK dengan tidak hormat, hari itu juga dia ga bisa access ke internet, nama dia dicoret dari Mitsui, jiaah.. kayak koruptor kelas kakap. Koruptor di Indonesia aja yang bermilyar2an ga dihukum kayak gitu.
Tapi itulah mereka, and that's why they survive and still expand.

Sekian ya cerita gw dari kantor tercinta :) mudah2an kita bisa memetik pelajaran dan hikmah di balik ini semua. Ciaaoo..!!!
Veilicious! The truth beauty is wrapped in a beautiful way...

No comments:

Post a Comment