Wednesday, December 12, 2012

My Stupid Boss - Chaos@work

Belakangan ini gw lagi seneng baca buku : My Stupid Bos. Ini buku, bener2 sangat menghibur banget, mulut tuh sampe ga bisa mingkem sangking lucunya *swear deh*. Kalau ga percaya, sangking larisnya buku ini, sampai2 dibikin sampai part 4. Kebayang ga tuh!
*udah ga usah dibayangin, langsung aja ke toko buku beli bukunya* :D




Pengarangnya : chaos@work, dia tidak mampu memperlihatkan jati diri dia sebenernya (ya iyalah, mau mati apa kalau ketauan sama si bos), sehingga namanya pun disamarkan, teman2 kerjanya juga memakai nama samaran di buku My Stupid Boss. Selain itu, dia juga masih bekerja di perusahaan tersebut, sembari mencari bahan untuk buku2nya :D *lumayan euy, 2 - 3 pulau terlalui, sekalian dapet uang sampingan dari bikin buku*. Di buku ini diceritakan tentang seorang pegawai wanita (si pengarang) yang bernama :Amoy Kerani (nama samaran) yang mempunyai bos, yang "luar biasa uniknya", kayaknya one in million deh. Juara pelitnya, juara begonya, juara keponya, juara noraknya, juara amnesianya, dan juara2 lainnya *hihihi..*. Seperti kutipan berikut ini :

Pergi ke Johor Bahru buat meeting sama customer. Tadinya gue mau pergi sama Mr. Kho, tapi ternyata dia gak bisa, jadilah gue pergi sama Boss. Ihh, sebel...

Gue: Belok kiri...
Boss: Hah? Kiri?
Gue: Iya...
Boss: Belok kiri mana?
Gue: Ini, nih! Nih, nih... tu... belok kiri.
Boss: Yakin?
Gue: Ya, yakin!
Boss: Yang bener kamu?
Gue: Yailah, Paaaaaak..!! Udah kelewat deh! Mana jalannya one way!
Boss: Bukan belokan yang tadi... yang satunya lagi!
Gue: Ck! Yang tadi!
Boss: Bukan! Saya kan udah sering ke sini!!
Gue: Ya, terserah!
Boss: Ntar setelah pom bensin apa tuh, baru belok kiri... saya lebih tahu! GPS tuh udah ketanem di otak saya loooh...
Gue: ...... (males jawab, gue diem aja)

Setengah jam kemudian... udah mo tembus perbatasan negara Singapura!

Boss: Loh? Loh? Mana ya belokannya? Kok gak ada??
Gue: (diem aja)
Boss: Mana nih?? Kok jadi ke sini sini sih..? Ini kan udah mau ke Singapura nih!
Gue: (mlengos)
Boss: Gimana nih? Nyasar kita nih...
Gue: Ya, jelas aja nyasar... GPS di otak Bapak abis batre!

atau yang ini :D

Si Boss punya satu dealer baru, namanya Ah Cay, yang juga temen akrab dia waktu di Amrik.
Karena temen akrab, si Bos kasih harga luar biasa murah.

Ujung-ujungnya, dia nggerundel sendiri.

Boss : Gak usah ladenin si Ah Cay! Dia juga beli service murah kek gitu!
Gue : Loh, kan Bapak yang kasih harga?
Boss : Habis, dia paksa turun terus! Kalo dia minta mesinnya diambil, bilang aja barang gak ada!
Gue : Kalo dia datang ke pabrik?
Boss : Bilang aja sibuk! Kamu buat list utang-utang si Ah Cay. Kamu tagih ke dia. Yang belum jatuh tempo pun tagih! Ngomong kasar aja langsung! Bilang mau ambil barang boleh, tapi bayar dulu dong!

Ya udah, akhirnya gue ngomong gitu ke Ah Cay.

Apa yang terjadi?

Si Boss dateng ke gue ngomel-ngomel,

“Saya barusan ketemu si Ah Cay. Katanya dia gak happy sama kamu. Kamu judes banget sih. Udah deh, kamu gak usah urusan sama dia. Lagian, ini kan urusan Sales. Kamu kan bukan Sales. Jadi bukan urusan kamu!”

*hahahahahaha....*

Si Boss selalu menganggap, apapun yang ada di dunia bisa ditawar. Dari Jepang, dia telpon gue dan memberikan satu tugas yang sangat... sangat... sangat...makdikipe!!!!


Boss: Saya mesti balik ke KL nih. Sabtu pagi saya harus ke Melbourne, balik Selasa depan. Tolong kamu bookingkan saya ticket pesawat. Pesawat loh ya.

Kagak Boss.. gue mo manggil Naga aja buat terbangin elu. Cepet, gratis tapi sampek Melbourne lo mesti langsung kerokan Boss, ntar masuk angin berabe..

Boss: Pesen online saja ya. Beli yang paling murah.
Gue: Online? Bayarnya gimana?
Boss: Oh iya ya. Kamu punya debit card gak?
Gue: Enggak.
Boss: Credit card?
Gue: Enggak.
Boss: Debit card kantor?
Gue: Ya ada.
Boss: Waduh tapi jangan dipakai dong. Soalnya di sini saya sudah pakai banyak. Takut defisit loh.
Gue: Ya jadi bagaimana? Minta credit card bapak deh.
Boss: Eh jangan! jangan! (panik)
Gue: Ya jadi bagaimana. Bapak saja yang booking.
Boss: Ya udah kamu cariin aja harganya dulu.

So, gue cari harga fare pesawat dengan internet connection kantor yang alakazam lemot banget.

Boss: Lama amat sih?
Gue: Internet di kantor speednya ngalahin jet sih Pak.
Boss: Ya udah cepetan. Dapet gak?
Gue: Air asia aja yang paling murah ya. 1,780 ringgit return ticket.
Boss: Waduh! Itu kamu bilang murah? Mahal banget gitu kok!
Gue: Itu yang termurah.
Boss: Ah gak mau saya!
Gue: Ya jadi gimana dong?
Boss: Coba kamu langsung telpon Air Asia betul apa enggak harga segitu.
Gue: Pak, harga yang tertera di website itu fully updated dan langsung ke system mereka. Namanya aja online booking!

Boss: Ya kamu telpon dulu dong! Udah telpon belum? Kalo belum jangan ngomong!!

Males banget gak sih ngeladenin itu orang kepala tong aer! Gila kali gue telpon Air Asia cuman buat tanya pertanyaan estupido begituh! So gue gak telpon. after a while, gue telpon lagi si Boss.

Gue: Harga itu udah bener, Pak. Gak bohongan.
Boss: Yakin?
Gue: Yakin. Pasti. I am sure.
Boss: .......................
Gue: .......................
Boss: ....... ngapain sih kamu pake sebut berkali2 begitu?
Gue: Biar manteb kan.
Boss: Coba kamu telpon lagi, bilang dibuletin aja deh jadi 1,700 atau paling enggak 1,750 ringgit gitu. 1,780 sih kemahalan! Bilang ini bukan perjalanan bisnis kok. Cuman mengunjungi keluarga yang sakit, kasihan sendirian di Melbourne dan kita cuman orang miskin gitu.

Somehow, gue mengharap, dia ketangkep sama Yakuza Jepang supaya badannya ditattoo tulisan gede-gede: "AIRLINES IS NOT MANGGA DUA!"

*gila banget ga tuh si boss, kocak. Nawar ga nanggung2*

Boss pengen punya website. Gayanya tuh yg serba ribet kayak mau mengakuisisi Google aja.

Gue: Hehehe...
Boss: Loh kok cengar cengir? Saya serius. Saya mau punya website untuk perusahaan kita.
Gue: Yg bilang bapak main2 siapa?
Boss: Trus kenapa kamu plangas plenges?
Gue: Karenaaaa... Hehehehe....
Boss: Kenapa?
Gue: Telat banget sih Paaaaaaak! Hari gini baru mikir mau punya website! Warteg aja udah punya website sendiri!
Boss: Alah udahlah. Eh gini ya, ntar saya gak mau mereka ngejek kita. Jadi saya harus punya modal ilmu dikit tentang bikin website, biar gak dikibulin. Design website pake program apaan sih?
Gue: Banyak sih, Pak..
Boss: Salah satunya aja. Jangan banyak2. Ntar lidah saya kelipet.
Gue: Umm.. Macromedia Dreamweaver..
Boss: Apa tadi namanya?
Gue: Macromedia Dreamweaver.
Boss: Ok. Ok sip! Eh eh apa tadi?
Gue: Macro..
Boss: Tar tar.. Macro?
Gue: Media.
Boss: Media.
Gue: Dreamweaver.
Boss: Dreamweaver. Dream ya? Dreamweaver ya?
Gue: Iye *ngupil*
Boss: Ok ok.. Micromedia.
Gue: Bukan Micro. Tapi Macro. Macromedia Dreamweaver.
Boss: Iya. Macro ya.
Gue: Iya. Macromedia Dreamweaver.
Boss: Iya saya juga tauuuuuu! Gak usah dibilang berkali2! Saya gak begok!
Gue: *lempar upil ke Boss*

Akhirnya, terjadilah meeting maha penting untuk membuat website, dgn designer. Seperti biasa, bayangan dia sendiri di kaca aja sebel ama dia, apalagi orang lain.

Boss: Sebenarnya saya tidak perlu mengundang anda untuk mengerjakan website perusahaan saya.
Gue: ........ (apalagi nih merek kecapnya kali ini. Kecap cap Jenggo Gaya Kupu-Kupu kale)
Boss: Saya bisa buat sendiri. Bisa design sendiri. Tapi saya mau liat bagaimana kalian bisa menjual product saya melalui design kalian..

Jiaaaaaah.. Ampun dah! Trojan itu sejenis virus aja lu kagak tau... Ini ngecap bisa bikin website!

Designer: Yes website designing is actually not difficult. Everybody can. What application you use to design?
Boss: (dengan pede tingkat tinggi) Microwave Dreamweaver! It's the best!
Designer: Hah?! Microwave??
Boss: Yes. Microwave Dreamweaver.. Ya kan, Bu Kerani?

Gue -------> Pulangkan sajaaaa... Aku pada ibuku.. Atau ayahkuuu....

*hahaha... super sok tauk tapi super juga begonya. Boss, bener2 ngehibur banget deh!*

Udah ketagihan belum?! Mau lagi ga denger ceritanya? hehehehe

pada suatu ketika si Boss ngajakin anak buahnya meeting mendadak, katanya super urgent. Dia mau bikin pengumuman penting;


Boss: I want to buy a new factory. A biiiiiiiiig factory, bigger than this! Very nice place, good factory linked to the office for us.
Gue: You mean... we will shift to a new factory? (sumpe lo???)
Boss: Yessss!
Gue: ... Where? (masih gak percaya)
Boss: Errr... I don't know yet. Baru terpikir semalam.
Gue: Ooooh... jadi belum dibeli? Belum tau tempatnya di mana?
Boss: Ya belum-lah. Duitnya juga belum ada!


Semua peserta meeting --------> terjengkang!

Heran deh sama si Boss ini. Dia jadi manusia kok bisa ya ajaib banget. Masa mau pindah pabrik dia udah koar-koar, bikin heboh ngurus ini, ngurus itu. Sampe seret-seret pegawai buat nyari tanah. Lagaknya udah gede aja, nawar-nawar tanah. Taunya..


Gue: Kenapa, Pak? Kok sedih bener kelihatannya.
Boss: Saya sedih juga ninggalin tempat ini saat kita pindah nanti. Banyak kenangan.
Gue: Loh? Jadi toh pindahnya? Udah dapat duitnya?
Boss: Belum.
Gue: (hati yang limer kembali membeku) Ya, ngapain sedih kalo belum tentu pindah, Pak!
Boss: Ya, mengkhayal kan gak salah.. sentimen amat kamu.

Masih banyak cerita2 kocak lainnya. Ga cuma si boss, tapi istrinya si boss juga bikin kita nyengir, meskipun ga selebar nyengirnya kita ke si boss.


Veilicious! The truth beauty is wrapped in a beautiful way...

2 comments:

  1. sy suka buku ini.. Bs di bilang rada berharap chaos@work tetep menderita biar yg bacanya happy terus #kejam :p

    ReplyDelete