Wednesday, April 17, 2013

Being Happy


Photo's taken from : www.theminimalist.com

Bahagia itu bukanlah sesuatu yang dihitung dengan banyaknya materi yang kita punya, bukan juga dengan jabatan yang tinggi serta gaji selangit. Bahagia itu bukan karena semua yang kita inginkan, bisa diwujudkan. Tapi bahagia itu ada dalam pikiran kita.

Pengalaman mengajarkan, ketika dulu gw masih sekolah, Alhamdulillah bokap gw lumayan berkedudukan di kantor, jadi gw bisa menikmati jalan2 ke luar negeri, dari Singapura, Aussie, Amerika sampai Eropa. Nginep di hotel2 berbintang, jalan2 ke tempat wisata, belanja2 tinggal minta duit ke orang tua. Setelah gw kerja, malu dong minta duit ke orang tua, harusnya anak yang ngasih orang tua. Meskipun gaji gw ga seberapa, punya anak dan suami gw juga bukan orang kaya. Untuk jalan2 ke luar negeri harus mikir 2x, nyisihin uang kayaknya susah banget apalagi kalo sampe buat belanja2. hayaah.. bisa buat makan aja udah Alhamdulillah. Dan syukurlah kita sempet jalan2 ke Singapura (yang deket aja), meskipun dengan dana minim, tiket beli dari taon lalu. Untungnya, banyak kemudahan. Yang gw ketemu temen gw, dan akhirnya bisa nginep di rumahnya. Alhamdulillah banget, cut budget untuk akomodasi yang lumayan besar.

Dulu gw mo pindah kerja gampang aja, tinggal masukin lamaran, besokannya dipanggil, ga lama dapet kabar diterima. Sekarang, gw ga tauk deh apa ini kutukan dari kantor gw atau gimana, susah banget untuk pindah kerja. Meskipun gw udah kuliah sampe 3x dan Alhamdulillah lulus dengan IPK 3-an(gw pikir bisa jadi bekal gw untuk ngelamar kerjaan baru).

Dulu waktu gw masih single, tiap hari nongkrong sama temen2, chit-chat, seneng2. Berburu sale barang2 bermerk. Sekarang, waktu gw dihabiskan di rumah bareng anak gw. Boro2 nongkrong sama temen2. Belanja pun, ga perlu deh ke mol. Untuk urusan belanja di mol, utk keperluan anak, baju2nya bole deh bermerk. Ibunya, enggak perlu kayaknya.

Hidup gw mengalami banyak perubahan. Kalo orang ngeliat mungkin hidup gw sekarang ini ga segampang dan semudah dulu. Or, my life is so boring. Tapi, seperti yang gw bilang di awal,"Kebahagiaan ga selalu diukur dari materi, jabatan, posisi, kebebasan, gaji selangit, bla bla bla" Tapi kebahagiaan itu berasal dari pikiran kita. Alhamdulillah gw merasa bahagia. Things are not like we plan to, but I'm still positive thingking. I believe what happen to me, is the best for me.

Gw punya temen, tiap ketemu gw always complaining. Masalah suaminya, kerjaannya, pengeluarannya, dan lain-lain. Gw ngeliat temen gw ini, dia punya posisi yang bagus di kantornya, gajinya berlipat2 ganda dari gw, suaminya juga bertanggung jawab dan bekerja dengan gaji lebih besar dari pendapatan suami gw. Gw juga liat temen gw ini gampang untuk dapet kerjaan baru, dia bisa pindah kerja sesuka hatinya. Masalah pengeluaran, kita sama2 keluarga kecil (baru punya 1 orang anak). Kalau dia mempunyai pengeluaran lebih besar dari gw, ya mungkin emang dia kebutuhannya lebih besar dari gw. Menurut gw, hidup itu terasa akan sangat berat, apabila kita lupa untuk bersyukur pada apa yang telah kita dapatkan, instead of mengeluhkan pada apa yang belum kita dapat.

Dulu suami gw pernah cerita sama gw, kalau dulunya dia hidupnya susah. Uang susah, bisa makan sekali sehari aja sudah bersyukur. Tapi dia ngerasa bahagia. *suami gw memang bukan dari keluarga berkecukupan, orang tuanya hanya petani yang menjual sawahnya untuk sekolah anak2nya. Suami gw anak paling bungus (ke-5), dan orang tuanya ga punya uang lebih untuk nyekolahin dia. So, he tried to continue his school by his own.*.

Banyak orang yang secara materi berlimpah, mau beli ini tinggal tunjuk. Mau jalan2 ke mana, bisa langsung pergi. Tapi, apakah mereka bahagia?

Usaha (ikhtiar) itu harus, diiringi dengan doa dan kepasrahan pada Ilahi. Awali hari dengan bersyukur dan jalani hidup dengan ikhlas. Bahagia itu sederhana :), makan bersama keluarga piknik di bawah pohon beralaskan tikar dengan makanan rumah seadanya, bisa jadi merupakan suatu bentuk kebahagiaan. How about you? :)

Veilicious! The truth beauty is wrapped in a beautiful way...

No comments:

Post a Comment