Tuesday, May 7, 2013

Pesantren

Ga tauk kenapa, gw tuh pengen banget masukin Abrar SMP or SMA di pesantren. Intinya sih gw pengen Abrar mempunyai nilai agama yang baik serta mandiri. Buat gw, sekolah itu yang paling penting ya agamanya, makanya dari sekarang pun Abrar, gw masukin ke daycare yang ada sekolahnya yang berbasis agama. Buat gw, agama itu pondasi utama dalam segala hal. Banyak orang tua yang mempunyai pertimbangan2 tersendiri dalam memilih sekolah. Ada yang memprioritaskan sekolah dengan bahasa Inggris, sehingga anaknya jadi cas-cis-cus bahasa Inggris. Ada juga yang mencari sekolah, yang mengajarkan anak baca dan calistung. Ada juga yang mencari sekolah dengan fasilitas yang banyak, ada kolam renang, ruang komputer, playground yang besar. Atau ada juga prioritas utamanya, mencari sekolah dekat dari rumah dan banyak alasan lainnya. Memang, cari sekolah itu gampang-gampang susah, kadang sulit sekali cari sekolah yang sreg dengan keinginan kita. Ada yang kurikulumnya bagus, tapi lokasinya jauh. Atau ada sekolah yang orang tuanya udah sreg di situ, eh anaknya ga suka. Ya hal2 seperti itulah. Alhamdulillah, so far gw sudah cukup puas dengan daycare + sekolahnya Abrar. Karena ya itu tadi, basisnya agama, harganya juga terjangkau, pelajaran yang diberikan juga sambil bermain, ga diharusin untuk belajar baca dan berhitung, mengajarkan kemandirian, rasa berbagi dengan orang lain (it's also important) dan kesederhanaan. Gw ga terlalu mementingkan kurikulum yang diberikan, harus bisa ini itu. Yang lebih gw liat itu, selain agama, gw mementingkan pelajaran moral-nya, cara dia berinteraksi dengan orang lain, menghormati orang tua dan sesama, kesederhanaan, tidak egois, sayang, care pada orang tua, orang lain serta lingkungan, dll. Selain itu, melatih keberanian serta kemandirian. Menurut gw, agama itu harus terus ditanamkan hingga dia SMA (karena gw punya cita2 untuk kuliah Abrar di Luar Negeri. Amiinnn....). InshaALLAH, kalau pondasinya sudah kuat, kalau Abrar kuliah di luar negeri dia tidak terimbas dengan segala pergaulan bebas, kehidupan yang ateis, dan hal2 lainnya.


Back to pesantren. Kenapa pesantren? Kenapa bukan sekolah agama biasa aja? Kan ada SMP dan SMA islam. Hm.. kenapa ya? Ga tauk deh, kayaknya kalo di pesantren itu lebih gimanaaa gitu. Pelajaran agamanya lebih banyak, selain itu belajar kemandirian. Gw ngebayangin, anak gw subuh2 sudah bangun, dia solat Subuh berjamaah, terus bersih2 (nyapu, beres2 kamar), abis itu baca Al-Qur'an. Aduuh.. adem banget yaa kayaknya :). Belajar pelajaran seperti umumnya, ditambah dengan pelajaran fiqih, aqidah, bahasa Arab, sebelum Dzuhur, sholat Dhuha. Nanti sholat Dzuhurnya, jamaah-an lagi, begitu pula sholat Magrib dan Isya. Tengah malam, dibangunin untuk sholat Tahajud. Ya ALLAH, indah banget ya :). Mudah2an bisa tercapai. Amin.



Veilicious! The truth beauty is wrapped in a beautiful way...

2 comments:

  1. Mbak ini kayanya kocak deh dan soleha juga..temenan yu😄

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete